Selasa, 10 Januari 2017

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Salam, semoga kita semua mendapat lindungan yang diatas, dan menjadi pembeharu dalam pendidikan agar pendidikan menjadi lebih baik lagi, pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu RPP? dan untuk apa RPP itu di buat! langsung saja sebelum kita bahas RPP kita paparkan dulu apa itu perencanaan pembelajaran yang nantinya ada kaitannya dengan RPP. Baca juga contoh RPP Tematik dan contoh Penilaian Pembelajaran RPP Tematik
Perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan berbagai keputusan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam proses kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan. Perencanaan pembelajaran merupakan bagian integral dari komponen pembelajaran. Kegiatan perencanaan tidak boleh terlepas dari kegiatan-kegiatan yang lain dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perencanaan pembelajaran juga harus berkaitan dengan kepentingan komponen yang terkait dengan kepentingan komponen yang terkait dengan proses pembelajaran (Wahyuni dan Ibrahim, 2012: 13).  

Melalui perencanaan pembelajaran yang baik, guru akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa akan lebih terbantu dan mudah dalam melaksanakan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, sekolah, mata pelajaran, dan sebagainya. Dengan perencanaan yang matang dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, setiap akan melakukan pembelajaran, guru wajib melakukan perencanaan. Dengan adanya perencanaan yang baik, maka pelaksanaan pembelajaran akan dapat berjalan lancar, terarah, dan sistematis. Hal ini dapat tercapai karena kompetensi dasar, materi pokok, indikator, pengalaman belajar, alokasi waktu, sumber, langkah-langkah pembelajaran, dan rencana penilaian telah dirumuskan dengan baik dan digambarkan dengan jelas.
Menurut Kunandar (2011: 263), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan di sini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. 

Menurut Wahyuni dan Ibrahim (2012: 69), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Rencana pembelajaran perlu dilakukan untuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran, yakni: kompetensi dasar, materi pokok, indikator, dan penilaian berbasis kelas.
Tujuan RPP menurut Kunandar (2011: 264) adalah untuk: (1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar; (2) dengan menyusun RPP secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.  Kunandar (2011: 264) mengatakan bahwa fungsi RPP adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain RPP berperan sebagai skenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, RPP hendaknya bersifat luwes (fleksibel) dan memberi kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikannya dengan respons siswa dalam proses pembelajaran sesungguhnya.
Menurut Kunandar (2011: 265), unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP adalah: 
  1. Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan di dalam silabus;
  2. Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari; 
  3. Menggunakan metode dan media sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung; 
  4. Penilaian dengan sistem pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada sistem pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus. 
Betapa pentingnya sebuah perencanaan pembelajaran tersebut, perencanaan pembelajaran atau RPP tersebut digunakan oleh seorang guru sebagi pedoman untuk melakuakan pembelajaran di kelas. RPP adalah sebuah bentuk Perencanaan pembelajaran terkecil yang langsung digunakan sebagai pedoman untuk melakukan proses pembelajaran maka dari itu kita dtuntut membuat perencanaan yang baik dalam sebuah pembelajaran.

Adapun Komponen-komponen yang ada dalm sebuah (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP  tersebut ialah:
  1. identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran atau tema, kelas/semester, dan alokasi waktu;
  2. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator pencapaian kompetensi; (Tematik), sedangkan KTSP memakai SK
  3. materi pembelajaran; 
  4. kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; 
  5. media, alat, bahan, dan sumber belajar.
  6. penilaian, pembelajaran remedial, dan pengayaan;

Adapun contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)  Tematik dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) KTSP adalah sebagai berikut: Klik Link di bawah ini
Demikian pembahasan mengenai apa itu RPP dan untuk apa RPP itu di buat, terimakasih semoga bermanfaat.

 


Load disqus comments

0 komentar