Kamis, 15 September 2016

Perbedaan RPP Pembelajaran Kurtilas dan RPP Pembelajaran KTSP

Perbedaan RPP Kurtilas dan RPP KTSP

Dalam pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 atau kurikulum nasional seperti yang kita kenal saat ini mengharuskan siswa untuk aktif dalam sebuah pembelajaran atau disebut (Student Centered) yang mengharuskan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. 
Dalam pembelajaran kuikulum 2013 guru tidak lagi dominan dalam sebuah proses pembelajaran, siswalah yang harus aktif dalam sebuah pembelajaran. dan ini menjadi beban tersendiri baik bagi guru maupun oleh siswa, apakah guru bisa membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran, dengan menggunkan metode pembelajaran yang membuat anak aktif dalam sebuah proses pembelajaran. dan juga apakah siswa mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik sehingga apa yang diharapkan dari sebuah pembelajaran tersebut dapat tercapai. itu semua butuh keahlian dari seorang guru agar apa yang diharapkan dapat tercapai, artinya dalam sebuah pembelajran tersebut butuh perencanaan atau sekenario pembelajaran yang baik. agar anak bisa belajar dengan aktif dan tujuan yang diharapkan juga tercapai.
Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 atau sering disebut kurtilas, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Dalam pembelajran dengan menggunakan kurikulum 2013 ini menggunakan KI (Kompetensi Inti) dalam sebuah pembelajaran, berbeda dengan kurikulum KTSP yaitu menggunakan  SK (kompetensi dasar) dalam membuat RPP. dan juga dalam kegiatan inti juga dalam kurikulum kurtilas menggunakan pendekatan saintifik. yaitu mengunakan pendekatan ilmiah yang biasa digunakan dalam ilmu sains. adapun langkah-langkah dalam pendekatan saintifik ini yaitu:
  1. Mengamati
  2. Menanya
  3. Eksplorasi/ Mengumpulkan data
  4. Menganalisa
  5. mengkomunikasikan
Perbedannya antara kurikulum 2013 dengan kurikulum KTSP adalah dalam kegiatan inti pada RPP KTSP terdiri dari:
  1. Eksplorasi
  2. Elaborasi
  3. konfirmasi  
Mungkin hanya itu dulu tentang bagaimana cara membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kurikulum 2013 dan kurikulum KTSP, semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca postingan ini.  
ini contoh










downlod
Load disqus comments

0 komentar